1.6k tayangan
diinformasikan dalam Penipuan Media Sosial oleh MODERATOR (14.6k poin)
diedit oleh
Bapak Yth,

Saya sering menerima curahan hati korban2 penipuan yang pelakunya orang Nigeria pakai photot US Army atau bule ganteng. Salah satu korban adalah seorang baby sitter yang terpaksa menjual perhiasan dan habis tabungannya karena mengira pacarnya asli bule. Pelaku orang orang Nigeria  yang nongkrong di Malaysia, Indonesia dan Thailand. Dari tahun 2002 saya sudah sering melawan mereka di dunia nyata.

Ini  dua  korban yang curhat pada saya :

Baby sitter kerugian 24,6 juta Photo bule aslinya Nigeria yang pura pura jadi lelaki muslim yang taat

kompasiana.com/feyfey/baby-sitter-tertipu-scammer-bertopeng-lelaki-muslim_560ed50a6b7e615a0cd76e7c

Guru ngaji mengalami kerugian 66 juta hasil pinjam sama sini , pelaku orang Nigeria yang memasang photo wanita Arab.

kompasiana.com/feyfey/guru-mengaji-tertipu-scammer-66-juta-dengan-modus-ingin-membangun-masjid-di-indonesia_55f1dc57397b61dc0e3c5027

Orang orang Nigeria datang ke negeri kita hanya untuk menipu bangsaku, tapi tidak semua berbisnis haram,  ada  yang benar benar bisnis pakaian.

Kemana korban harus melapor jika para pelaku  ada di Malaysia sedang korban di Indonesia?
Bagikan laporan ini

hosting

1 Jawaban

answered oleh Kontributor (6.6k poin)
diedit oleh

Yth Fey Down...

Terkait penipuan yang dilakukan oleh Jendral Bule memang marak terjadi beberapa waktu yang lalu..sy juga sudah pernah upload kasus tersebut di website saya DISINI

Utk kasus penipuan yang dilakukan oleh pelaku di luar negri memang agak rumit karena ada beberapa hal yang mempengaruhi dalam penegakan hukum lintas negara yaitu :

1. Kebenaran posisi pelaku yang masih RELATIF, artinya apa? pelaku memang mengatakan kalau dia ada di Malaysia, namun apakah benar dia ada di malaysia?

2. Aturan hukum yang berlaku di negara pelaku tentang kasus penipuan, apakah sudah ada regulasinya?

3. Kerjasama antara Indonesia dengan negara tempat pelaku itu berada, artinya belum semua negara sudah melakukan kerjasama dengan Indonesia terkait dengan hal penegakan hukum

Oleh karena itu apabila korban ingin melaporkan kasus penipuan yang dilakukan oleh pelaku di luar negri, sebaiknya konsultasi dulu dengan penyidik yang ada di Divisi Hubungan Internasional cq Interpol yang berkedudukan di Mabes Polri.

Demikian jawaban sy, semoga bermanfaat...

dikomentari oleh MODERATOR (14.6k poin)
Terima kasih atas tanggapan Bapak. Semoga bisa menjadi panduan bagi yang lain. Duh repot sekali ya pak...sungguh kasihan para korban. Makanya saya tak pernah berhenti teriak kesana sini agar wanita/pria hati hati dimanapun juga. Penjahat ada disekeliling kita, baik di dunia maya atau nyata.

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 630 tayangan
0 saran 369 tayangan
diinformasikan 28 Des 2015 dalam Penipuan Lewat Media Lainnya oleh Rauf Ardila (1.1k poin)
0 saran 3.3k tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...