47.3k tayangan
diinformasikan dalam SHARING PENGALAMAN oleh (1.1k poin)

Cara lapor ke disnake [Dinas tenaga kerja] Dan contoh format surat laporan ke disnaker-Perselisihan hubungan industrial yang meliputi perselisihan hak, perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja, perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh dapat diselesaikan dengan melalui dua jalur yaitu melalui pengadilan dan di luar pengadilan. Namun Pasal 3 Undang-undang Nomor 2 Tahun 2004 (“UU PHI”) tentang Penyelesaian Hubungan Industrial, mengatur bahwa perselisihan hubungan industrial wajib diupayakan penyelesaiannya terlebih dahulu melalui perundingan bipatrit secara musyawarah untuk mencapai mufakat. Apabila upaya bipatrit gagal, maka salah satu atau kedua belah pihak melakukan pengaduan ke Dinas Ketenagakerjaan.

Kemudian, Dinas Ketenagakerjaan mencatatkan pengaduan tersebut dengan menyediakan formulir pengaduan untuk diisi oleh para pihak. Salah satu atau kedua belah pihak yang mengadukan perselisihannya untuk dicatat oleh Dinas Ketenagakerjaan harus melampirkan bukti-bukti bahwa upaya-upaya penyelesaian bipartit telah dilakukan (Pasal 4 ayat (1) UU PHI). Apabila bukti-bukti sebagaimana dimaksud di atas tidak dilampirkan, maka Dinas Ketenagakerjaan mengembalikan berkas untuk dilengkapi paling lambat 7 (tujuh) hari kerja terhitung sejak tanggal diterimanya pengembalian berkas.

Selanjutnya Dinas Ketenagakerjaan melakukan pemanggilan kepada para pihak untuk menawarkan jalan penyelesaian melalui konsiliasi atau melalui arbitrase. Jika para pihak tidak menetapkan pilihan penyelesaian konsiliasi atau arbitrase dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja, maka instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan melimpahkan penyelesaian perselisihan kepada mediator (Pasal 4 ayat (5) UU PHI).

Penyelesaian konsiliasi melalui Dinas Ketenagakerjan dilakukan untuk menangani penyelesaian perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja, atau perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh. Sedangkan penyelesaian arbitrase melalui Dinas Ketenagakerjaan dilakukan untuk menangani penyelesaian perselisihan kepentingan atau perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh.

Contoh Surat Pengaduan Ke Disnaker

dikomentari oleh (100 poin)
kalau ada permasalahan hubungan industrial dengan perusahaan, bisa menghubungi kami atau bisa bergabung dengan kami Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi ( FSP Farkes Reformasi) yang beralamat di Jalan Cililitan Kecil I No.4A Jakarta Timur, dekat dengan Mall PGC
dikomentari oleh (100 poin)
diedit oleh
Yth. Bpk/ibu pengawas disnaker propinsi, saya mau mengadukan perihal masalah ditempat kerja saya, saya sudah bekerja selama 7 tahun di PT. PRASETYA PJF saya bekerja di PT. PRASETYA digaji sehari 50rb, jam kerja saya 3 hari 12jam 3 hari 8 jam dan itupun dihitung sama gak dihitung lembur,saya kerja sudah 7 tahun di PT. PRASETYA gaji saya tetap 50rb tdk dinaikkan dgn alasan masalah hutang jadi saya hrs mau digaji sehari 50 rb slma 7 tahun gaji tdk dinaikkan, akhrnya saya terima tapi lama kelamaan saya banyak tekanan dari pimpinan saya hingga akhrnya terjadi konflik, sehingga saya dari tahun 2015-2018 tdk digaji sama sekali smpk HR an saya jg gak dikasih 2 tahun berturut2,slma 2015-2018 saya menghitung sendiri absen saya berdasarkan tanggal hadir saya,sbgai karyawan yg slma 7 tahun bekerja di PT. PRASETYA apakah wajar sbgai karyawan diperlakukan sprti itu,dan hak apa yg hrs saya peroleh dr perusahaan ini yg bkrja slma 7 tahun di PT. PRASETYA dan sanksi apa yg diperoleh perusahaan yg gaji karyawan dibawah UMK, mohon dgn sgla hormat pengaduan ini ditindak lanjuti krn saya sbgai org kecil cuma meminta hak saya, terima kasih
Bagikan laporan ini

hosting

1 Jawaban

answered oleh (220 poin)
Iya Pa saya jg terkena masalah yg sama dari perusahaan INDOMARCO PRISMATAMA.tpi kalo saya tidak diberi pengobatan samasekali malah saya disuruh mengundurkan diri. dg alasan surat dari dokternya sudah kadaluwarsa. Padahal saya operasi dikepala sampai dua kali dan koma Sampai tiga bulan di rumah sakit. Tpi saya ga tau mau mengadu sama siapa? ??negara saya ga peduli sama orang miskin kaya saya.
dikomentari oleh (100 poin)
kalau ada permasalahan hubungan industrial dengan perusahaan, bisa menghubungi kami atau bisa bergabung dengan kami Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi ( FSP Farkes Reformasi) yang beralamat di Jalan Cililitan Kecil I No.4A Jakarta Timur, dekat dengan Mall PGC
contact person : 081918794141
dikomentari oleh (100 poin)
Kalau ada permasalahan seperti proyek pembagunan yg di lakukan tidak di atas kertas persetujuan, hanya melalui persetujuan antar pihak si pemborang namun dana yg di harapkan tidak sesui dengan isi dr perjanjian tersebut apa bisa kita tuntut ya ? Dan itu masuk dalam pasal apa ?

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 8.8k tayangan
0 saran 4.5k tayangan
0 saran 9k tayangan
0 saran 17.4k tayangan
0 saran 5k tayangan
0 saran 544 tayangan
0 saran 5.3k tayangan
0 saran 3.2k tayangan
0 saran 10.1k tayangan
diinformasikan 23 Nov 2015 dalam SHARING PENGALAMAN oleh ganten9 (260 poin)
0 saran 21.8k tayangan
0 saran 238 tayangan
diinformasikan 7 Des 2017 dalam SHARING PENGALAMAN oleh laurensius (120 poin)
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...