912 tayangan
diinformasikan dalam Layanan Masyarakat oleh (350 poin)

Begini ceritanya,Saya kan sedang enak-enakan dijalan bawa motor.Tetapi tiba-tiba ditengah jalan diberhentikan oleh dua orang yang berpakaian preman mirip-mirip debt collector gitu deh,tiba-tiba dia minta motor saya,katanya motor anda sudah telat 3 bulan gak bayar-bayar,oleh karena itu motor anda kami sita,ini surat penarikannya sudah ditandatangani oleh kepala leasing.

[Emang bener tuh motor udah nunggak 3 bulan].

Yang saya tanyakan,apakah tindakan leasing yang menurut saya semena-mena tersebut yakni menarik kendaraan yang telat bayar dijalan itu melanggar hukum atau tidak pak,dan apakah pihak leasing/debt collector yang menurut saya mirip preman itu bisa dilaporkan ke polisi atau tidak.

Itu saja pertanyaan dari saya,mohon admin atau member di forum ini untuk memberikan jawabannya,karena saya cari di google tentang hukum penarikan motor dijalan oleh leasing belum mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Terimakasih.

dikomentari oleh (330 poin)
Kalau menurut saya itu pelanggaran hukum.Yang namanya penarikan motor itu ya ditempat/rumah pemiliknya.Bukan dijalan raya.(sweat)
Bagikan laporan ini

hosting

1 Jawaban

answered oleh MODERATOR (14.6k poin)

Yth Zahira,

Pihak perusahaan pembiayaan (leasing/finance) di larang menarik barang jaminan jika tidak mendaftarkan konsumennya ke Fidusia agar memiliki sertifikat jaminan pada kantor wilayah kementerian Hukum dan HAM.

Pihak perusahaan tidak di perbolehkan menarik tanpa memperlihatkan sertifikat jaminan fidusia hal ini mengacu kepada pasal 1 angka 1 Undang-Undang  No.42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia di terangkan, bahwa fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang  hak kepemilikannnya di alihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda. ’’Perusahaan yang melakukan penarikan barang jaminan karena tunggakan pembayaran oleh konsumen harus melalui prosedur, di antaranya pihak leasing harus menunjukkan kepada konsumen sertifikat jaminan. Jika tidak, itu sama saja perampasan dan ancaman kurungan 9 tahun penjara

kewajiban pendaftaran ke fidusia diperkuat dengan adanya permenkeu  RI No.130/PMK.010/2012 tentang pendaftaran jaminan Fidusia bagi perusahaan pembiayaan yang melakukan pembiayaan konsumen untuk kendaraan bermotor dengan pembebanan jaminan Fidusia.

’’ Karena jelas telah di tegaskan pada Undang-Undang No.42 thn 1999 tentang jaminan Fidusia yang tertera pada pasal 11 ayat 1 yakni benda yang di bebani dengan jaminan Fidusia wajib di daftarkan agar bersertifikat jaminan Fidusia pada kantor pendaftaran Fidusia wilayah kementerian Hukum dan HAM

dalam pasal 3, perusahaan pembiayaan di larang melakukan penarikan benda jaminan Fidusia berupa kendaraan  bermotor. Apabila kantor pendaftaran Fidusia belum menerbitkan sertifikat jaminan Fidusia dan menyerahkannya kepada perusahaan pembiayaan.’’Apabila ada barang jaminan yang hendak di tarik pihak leasing, konsumen berhak untuk meminta sertifikat jaminan Fidusia. Jika tidak ada, konsumen jangan mau di tarik begitu saja,’’ucapnya seraya mempertanyakan adanya biaya tambahan/biaya penarikan yang berfariasi,padahal biaya penarikan itu tidak pernah ada dalam kontrak,dan mengapa harus di bebankan.

Jawaban ini kami kutip dari "Berita Investigasi Nasional "

Semoga membantu, terima kasih

 

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 1.2k tayangan
diinformasikan 31 Des 2015 dalam Tanya Jawab oleh Cuncun Saputra (2.7k poin)
0 saran 652 tayangan
0 saran 213 tayangan
0 saran 751 tayangan
0 saran 809 tayangan
diinformasikan 20 Jan 2016 dalam Tanya Jawab oleh ilyasa (120 poin)
0 saran 371 tayangan
0 saran 56 tayangan
diinformasikan 28 Des 2015 dalam Tanya Jawab oleh Kopral Pademangan (1.8k poin)
1 Saran 426 tayangan
0 saran 2.1k tayangan
1 Saran 432 tayangan
2 saran 10.2k tayangan
diinformasikan 13 Des 2015 dalam Tanya Jawab oleh Herlina (340 poin)
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...