348 tayangan
diinformasikan dalam Penipuan Media Sosial oleh User (4.5k poin)
diedit oleh

Canggihnya teknologi tenyata juga berdampak terhadap kecanggihan model penipuan yang terjadi di dunia maya. Modus penipuan terbaru adalah mengkorelasikan teknologi SMS dan blog. Berawal sms yang masuk berbunyi, “maaf kami dari bank BRI sudah telepon tapi tidak tembus, jadi kami SMS. No PIN pemenang anda KGN5H8K9, mendapat hadiah dari untung beliung Britama. Info klik www.hadiah-bankBRI.blospot.com.” (sekarang sudah disabled), membuat saya penasaran. Meski saya sudah tahu kalau hal itu adalah penipuan yang nyata. Mengetahuinya lihat tulisan saya di sini dan di sini. Namun saya penasaran ingin melacak lokasi penipu online. Sampai kemudian, saya anggap berhasil. Tak perlu menghubungi tim cyber Polri, kalau hanya untuk itu. tepuk dada…. hehe

Sebelum mengetahui cara melacak lokasi penipu online, yang terpenting, penipu yang menggunakan SMS dengan memadukan layanan blog, kemungkinan tujuannya menampilkan kesan profesionalitas belaka. Tidak ada kejahatan yang tidak menimbulkan jejajk. Dengan memakai SMS dan layanan blog (blogspot dll), di sinilah jejak itu ditinggalkan. Dengan demikian untuk mengetahuinya secara total, maka perlu diketahui nama pengguna blog, alamat email, alamat IP (Internet Protocol), lokasi, dan lokasi nomor telepon yang digunakan SMS. Karena semua data internet dan alat tekonologi lain pastinya tercatat dan terekam dengan rapi dalam sebuah database.

Untuk mengetahui nama pengguna blog, cukup menekan “Ctrl” dan “U” di tust PC anda jika menggunakan browser Mozilla Fire Fox. Akan tampil layar baru tampilan html, css dan script cms blog yang digunakan. Cari kata idblog, salin kemudian paste di jendela baru. Namun cara ini tak cukup, karena bisa saja yang bersangkutan memalsukan nama ID blognya.

Sedangkan untuk mengetahui IP Address caranya mudah, meski dengan beberapa step. Pertama: klik www.thehackervillage.com. Log ini jika sudah mendaftar, dan sign in jika belum mendaftar. Bila sudah masuk, terdapat kolom target nama link web (misalnya www.hadiah-bankBRI.blospot.com), kemudian klik tombol “Generate Link”, akan muncul kode link. Kemudian masuk ke uni.me (di pojok kiri). Seperti sebelumnya, log ini atau sign ini terlebih dahulu. Copy kode link tadi dan masukkan ke kolom “mask link” dibawah pojok kiri, paste di kolom “Target Url” dan tekan tombol “setup url forwarding.” Bila berhasil, akan muncul pesan di atas web, “Success.” Tandanya kita sudah bisa membuka web/ blog tersebut dengan nama link yang kita buat di thehackervillage.com. Dan ini berarti kita sudah bisa melihat alamat IP blog penipu yang dimaksud.

Ada dua alamat IP yang muncul, biasanya alamat yang panjang adalah alamat IP subdomain, atau jika tidak diketahui bisa dicoba dua-duanya. Langsung saja klik bagian “Click Here.” Maka Otomatis kita akan mendapat lokasi dari si pembuat blog dimana ia membuat blog tersebut. Melacak lokasi IP, bisa dengan bantuan google map atau google earth (dibahas lain waktu).

Untuk mengetahui posisi penipu yang mengirim SMS tadi, bisa melalui cek lokasi nomor telepon di http://www.ceebydith.com/pulsa/hlr.html layanan gratis. atau bisa melalui situs berbayar untuk pelacakan yang lebih detil. Masukan no hp yang ingin diketahui lokasinya, dan tekan enter. Maka perkiraan lokasi pengguna akan segera diketahui. Bisa juga melaporkan hal tersebut langsung ke grapari provider untuk meminta pelacakan lokasi.

Banyak keuntungan dengan kemampuan melacak lokasi penipu online ini, paling tidak memberi efek khawatir dengan memberikan pesan balik kepada pengirim. Semoga bermanfaat.

Bagikan laporan ini

hosting

2 Tanggapan

answered oleh (1.5k poin)
dipilih oleh
 
tanggapan terbaik

Wuihhh tampangnya seperti POLISI sajano

answered oleh User (4.5k poin)

ini hasil pengungkapan dari para relawan srikandi

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

1 Saran 786 tayangan
0 saran 247 tayangan
diinformasikan 24 Okt 2016 dalam Penipuan Media Sosial oleh Maya windhi (140 poin)
0 saran 54 tayangan
diinformasikan 24 Okt 2016 dalam Penipuan Media Sosial oleh Maya windhi (140 poin)
1 Saran 411 tayangan
0 saran 53 tayangan
0 saran 122 tayangan
0 saran 208 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...