28 tayangan
diinformasikan dalam SHARING PENGALAMAN oleh (120 poin)
2 Hari lalu dapat sms dari +6285242085797 isinya "sy TALIB dari MALAYSIA ingin titip dana RM 5jt untuk bekal di indo. Balas jika bersedia bantu", tidak Saya tanggapi karena sudah jelas modusnya dia tidak kenal siapa Saya juga dia peroleh nomor dari mana.
Namun siangnya nomor tersebut telepon kebetulan Saya angkat dan menjelaskan maksud nya. Dari situ Saya menanggapi tidak serius Saya beri nama Saya Bob, si TALIB meminta Saya pindah ke tempat yang agak elok untuk bercakap (maksudnya cari tempat yang hening atau cocok untuk ngobrol) karena menurutnya obrolan tersebut rahasia dan tidak boleh ada pihak ketiga.
Selang beberapa jam pelaku telepon kembali dan disitu panjang lebar dia curhat punya usaha restoran dan hotel di malaysia, dananya ingin dikuasai istrinya, bermaksud pindah ke indonesia karena dulunya dia asli aceh dan pasca bencana hijrah kesana dan sukses ceritanya begitu (sukses keuangannya tapi tidak sukses percintaannya). Saat saya ajukan pertanyaan selesai dia jelaskan tujuannya malah dia gantung obrolan akan dilanjutkan malam hari.
Singkat waktu benar si TALIB telepon kembali malam itu tanya Saya sedang buat apa, sudah makan belum Saya tidak jawab pertanyaannya hanya saja itu privacy Saya, saya belum kenal anda tapi anda sudah tanya jauh. Akhirnya beliau tanyakan ke saya apa yang perlu saya tanyakan.
Saya hanya bertanya 4 poin
1. Dapat nomor saya dari mana
2. Sejauh apa dia percaya saya yang cocok terima dana
3. Legalitas dana yang ceritanya dia akan kirim beserta biaya biaya charge
4. Tugas saya setelah dana terima

Dia menjawab
1. Dapat nomor secara acak 5 nomor dan melakukan istikharah dari nomor nomor tersebut untuk mendapatkan mana yang paling cocok (dari jawaban pertama sudah ngeyel tapi saya masih terus tanggapi dan membaca modusnya)
2. Berkaitan poin 1 tadi makanya beliau sangat percayakan saya sebagai penerima dana
3. Dana itu legal hasil usaha dia disana dan biaya-biaya yang dikenakan bank semuanya dia yang tanggung
4. Tugasnya hanya menyimoan sampai seminggu dia terbang ke indonesia untuk membagi dana tersebut 90% dia 10% saya.

Nah selanjutnya dia meminta saya buat rekening baru cimb esoknya. Meskipun Saya punya cimb. Singkat waktu esok pagi si pelaku ini telepon lagi dan menanyakan kesiapan saya kira-kira jam berapa sampai ke bank, saya jawab asal saja 5 menit lagi juga saya sudah bisa sampai bank. Lalu dia melancarkan aksi desakannya yakni meminta saya inout atau memasukkan nomor telepon dia saat mendaftar. Saya tanya balik untuk apa ya? Dia jawab dia ada tanggung jawab akan dana tersebut. Berarti tidak percaya saya dong? Kenapa anda yang bertanggung jawab dan kenapa alasan logisnya harus cantumkan nomor anda? Dia jawab kalau saya keberatan tidak apa-apa. Saya jawab tegas ya saya keberatan. Darisitu dia tutup teleponnya.

Kesimpulannya ular ini atau si penipu ini masih gunakan cara-cara kuno, kirim sms random meski tidak ditanggapi pelaku coba proaktif hubungi 1 per 1 calon korbannya. Dari percakapannya memang menggunakan logat melayu, tapi saya trace nomor teleponnya itu berasal dari makassar sulawesi selatan. Cara ini sudah banyak yang posting sejak 2013 ternyata, tapi mana tahu rekan atau sahabat atau keluarga kita yang awam bisa jadi korban juga. Misal dituruti banyak hal yang bisa terjadi, rekening kita dikuras agau dibuat untuk penipuan berikutnya sehingga kita yang kena getahnya karena pastinya korban akan lapor nomor rekening bersangkutan dan juga nomor telepon yang kita daftarkan.

Untuk pihak yang berwenang di giatkan lagi penangkapan, pengintaian, penelitian dan penjebakannya untuk para pelaku tersebut. Dari rangkaian random sms atau telepon misal 100 calon korban ada kemungkinan peluang 20-60% tergiur dan tertipu dari semua korban mungkin hanya bebrapa orang saja yang melapor sisanya mengikhlaskan.
Tapi menurut saya tetap dipantau apalagi nomor nomor selular sebentar lagi terhubung dengan identitas mungkin akan memudahkan pihak kepolisian untuk melacak dan melakukan penangkapan terhadap pelaku-pelaku penipuan tersebut.

Akhir kata terima kasih sudah meluangkan waktunya membaca pengalaman yang saya peroleh desember 2017 ini. Semoga kopolisian cyber semakin meningkatkan kemanan untuk warganya.
1500 pulsa balas sms
Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 374 tayangan
0 saran 196 tayangan
1 Saran 287 tayangan
1 Saran 41k tayangan
0 saran 446 tayangan
0 saran 166 tayangan
0 saran 96 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...