49.3k tayangan
diinformasikan dalam Penipuan Lewat Telpon oleh (1.8k poin)

Teknis pelaporan penipuan ke polisi-Prosedur melaporkan nomor hp penipu ke polisi.Sekarang ini banyak sekali jenis penipuan. Baik itu melalui online, melalui BBM atau melalu nomor telepon seperti SMS. Seringkali kita mendapatkan pesan singkat atau SMS yang isinya menyatakan bahwa kita memenangkan sebuah kuis yang kita sendiri tidak pernah mengikutinya. Terkadang juga pesan singkat atau SMS yang berpura-pura nyasar tentang mentransfer uang. Bagi anda yang merasa bahwa SMS atau pesan singkat yang anda terima merupakan SMS penipuan, saya mempunyai cara melaporkan nomor HP penipu kepada propider atau penyedia layanannya. Seperti Telkomsel, XL, Indosat, dan lain-lain. 

Berikut ini ada format cara melaporkan nomor HP penipu.

Cara Melaporkan Nomor HP Penipu


1. TELKOMSEL

Formatnya: penipuan#nomor si penipu#isilah SMS tipuan tersebut.Kirim ke nomor 1166
Contohnya: penipuan#081212345678#selamat anda memenangkan 1 unit motor Yamaha Mio sebagai pemenang dari Undian Telkomsel Poin, dst... kirimlah ke nomor 1166.

2. XL

Formatnya: lapor#nomor si penipu#isilah SMS tipuan tersebut. Kirim ke nomor 588

3. INDOSAT

Formatnya: SMS(spasi)nomor si penipu(spasi)isi SMS penipuan tersebut. Kirim ke nomor 726. 


Sekedar informasi bahwa jika lebih dari dua orang melaporkan nomor yang sama maka nomor tersebut akan secara otomatis diblokir secara permanen oleh operatornya. Layanan yang disediakan ini gratis tanpa ditarik pulsa.

Untuk info tambahan penipuan online. Ada beberapa ciri utama sebuah penipuan: 

Misalnya yang menggunakan website gratis. Domain yang sering digunakan para penipu diantaranya misalnya website wordpress.com, blogspot.com, webs.com, jimdo.com, serta masih banyak website gratis lainnya.
Jika perusahaan sebenarnya mengadakan program-program seperti marketing (misalnya undian berhadiah), mereka akan membuat secara resmi publikasi pada subdomain website mereka sendiri. Website yang resmi misalnya PT Telkomsel seperti www.telkomsel.com, XL (www.xl.co.id), Indosat (www.indosat.com). 


Pengumuman dari penyelenggaraan sebuah program berhadiah serta pemenangnya yang benar-benar secara resmi diselenggarakan oleh operator XL hanyalah akan diumumkan langsung melalui www.xl.co.id dan akan dihubungi melalui nomor resminya 818. Program berhadiah yang secara resmi diselenggarakan oleh operator XL tersebut tidak akan dipungut biaya apapun dari para pemenangnya.


Lalu, jika anda mengalami sebuah penipuan dengan bentuk transaksi secara online, cukup anda kirim kronologis kejadinnya dan nomor rekening penipu tersebut ke email “cybercrime@polri.go.id”. POLRI akan secara langsung bertindak untuk segera memblokir ATM milik si penipu tersebut dan segera melacak di mana keberadaan penipunya untuk dilakukan tindakan sesuai dengan hukum yang berlaku di negara Indonesia ini.

Nah itulah tadi cara melaporkan nomor HP penipu ke pada propider atau operator asal nomor yang digunakan oleh si penipu. Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda dan tetaplah waspada karena penipuan bisa terjadi di mana-mana. Baik itu melalui SMS atau pesan singkat maupun secara online.

dikomentari oleh (100 poin)
pernah saya menulis kronologi penipuan saya kirim ke email :
cybercrime@polri.go.id

tp tidak ada tanggapan,mungkin mail tsb sudah tidak dipakai,harap update email y gan
dikomentari oleh (100 poin)
Saya juga pernah mengalami ditelpon penipu meminta tebusan sebesar 10jt mengaku polisi dan mengatakan bahwa adik saya terjerat kasus narkoba. Setelah saya telpon adik saya ternyata adik saya baik2 saja. Penipu itu sudah membuat orangtua saya sakit. Ini nomor penipu itu 081377010131 dan
 082181636782. Tolong segera di blokir itu nomor. Terimakasih.
Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 2.4k tayangan
0 saran 1.1k tayangan
0 saran 630 tayangan
0 saran 24.8k tayangan
0 saran 2.9k tayangan
0 saran 2.3k tayangan
0 saran 1.2k tayangan
0 saran 10.6k tayangan
2 saran 58.1k tayangan
0 saran 879 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...