78.3k tayangan
diinformasikan dalam SHARING PENGALAMAN oleh (1.1k poin)

Cara lapor ke disnake [Dinas tenaga kerja] Dan contoh format surat laporan ke disnaker-Perselisihan hubungan industrial yang meliputi perselisihan hak, perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja, perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh dapat diselesaikan dengan melalui dua jalur yaitu melalui pengadilan dan di luar pengadilan. Namun Pasal 3 Undang-undang Nomor 2 Tahun 2004 (“UU PHI”) tentang Penyelesaian Hubungan Industrial, mengatur bahwa perselisihan hubungan industrial wajib diupayakan penyelesaiannya terlebih dahulu melalui perundingan bipatrit secara musyawarah untuk mencapai mufakat. Apabila upaya bipatrit gagal, maka salah satu atau kedua belah pihak melakukan pengaduan ke Dinas Ketenagakerjaan.

Kemudian, Dinas Ketenagakerjaan mencatatkan pengaduan tersebut dengan menyediakan formulir pengaduan untuk diisi oleh para pihak. Salah satu atau kedua belah pihak yang mengadukan perselisihannya untuk dicatat oleh Dinas Ketenagakerjaan harus melampirkan bukti-bukti bahwa upaya-upaya penyelesaian bipartit telah dilakukan (Pasal 4 ayat (1) UU PHI). Apabila bukti-bukti sebagaimana dimaksud di atas tidak dilampirkan, maka Dinas Ketenagakerjaan mengembalikan berkas untuk dilengkapi paling lambat 7 (tujuh) hari kerja terhitung sejak tanggal diterimanya pengembalian berkas.

Selanjutnya Dinas Ketenagakerjaan melakukan pemanggilan kepada para pihak untuk menawarkan jalan penyelesaian melalui konsiliasi atau melalui arbitrase. Jika para pihak tidak menetapkan pilihan penyelesaian konsiliasi atau arbitrase dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja, maka instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan melimpahkan penyelesaian perselisihan kepada mediator (Pasal 4 ayat (5) UU PHI).

Penyelesaian konsiliasi melalui Dinas Ketenagakerjan dilakukan untuk menangani penyelesaian perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja, atau perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh. Sedangkan penyelesaian arbitrase melalui Dinas Ketenagakerjaan dilakukan untuk menangani penyelesaian perselisihan kepentingan atau perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh.

Contoh Surat Pengaduan Ke Disnaker

dikomentari oleh (100 poin)
Selamat pagi pak, saya adalah mantan karyawan di PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUCTURE (TOMKINS).
Saya mau lapor pak, saya benar2 kecewa dgn perusahaan ini saya dikeluarkan dari tempat kerja karena salah paham, atasan saya mendapat omongan dari pihak lain yang menjelek jelekkan saya. Akhirnya saya dikeluarkan hanya karna mendapat omongan dari orang lain tanpa adanya bukti yang dituduhkan kepada saya. Dan saya tidak diberi kesempatan menjelaskan, atasan saya dengan seenaknya mengeluarkan saya.
Sudah satu bulan lebih saya tidak bekerja, saya meminta hak saya untuk mengembalikan ijazah saya yang ditahan perusahaan tapi malah dipersulit dan tidak direspon sama sekali. Sisa gaji saya yang setengah bulan dan uang deposit 200/bulan belum juga dibayarkan. Pihak perusahaan tidak ada omongan sama sekali atas hal ini, kalaupun gaji saya tidak dicairkan saya tidak mempermasalahkan yang terpenting adalah ijazah saya dikembalikan. Mohon di tindak lanjuti terima kasih
dikomentari oleh (100 poin)
diedit oleh
Selamat siang pak,  Saya adalah mantan karyawan dari outsourching RUSYIDA MITRA PERKASA yg bergerak di bidang Security di wilayah sukoharjo tepatnya di Hartono mall...  Saya kecewa dengan keputusan pt outsourchhing ini karena saya sudah melakukan prosedur untuk resent dari pekerjaan tersebut, karena kebijakan dan peraturan terlalu berat untuk saya,.  Sampai sekarang fasilitas bpjs masih belum lengkap potongan gaji brrjalan  Sama rata dengan karyawan lain yg sudah lengkap fasilitasnya...  Banyak potongan gaji masalah ini itu berupa penggantian kerugian sesuatu hal yg sudah terselesaikan tapi tidak dikembalikan.. Dan sampai hari ini untuk GAJI  belum dibayarkan dengan alasan dipending padahal saya mengikuti prosedur yg berlaku dan sudah habis masa kerja saya... Segala inventaris perusahaan sudah saya kembalikan tetapi IJASAH saya sebagai jaminan juga belum di kembalikan...  Sudah saya kontak dengan baik2 tapi tidak ditanggapi sama sekali sama jajaran yg terkait...  Tidak ada respon dan pemberitahuan tentang kejelasan masalah ini...  Semoga bisa membantu...
dikomentari oleh (100 poin)
Kepada user yth , jika ada pertanyaan mengapa kary indomaret dan alfamart kusus pengiriman barang kususnya posisi sopir pengiriman jam kerja lbh dari 8 jam tidak ada ,lemburan,,terima kasih
dikomentari oleh (100 poin)
Saya mantan karyawan di pt.primarindo Asia infrastructure (tomkins) 2 bulan saya kerja gaji hanya di bayar setengah sampai hari ini
dikomentari oleh (100 poin)
yth bpak / ibu.
saya bekerja sebagai karyawan di cv supermandiri depok, rata rata kerja 12 jam dan tidak di hitung lembur, tidak di beri cuti, dan tanggal merah tetap masuk, tidak ada bpjs
dikomentari oleh (100 poin)
Selamat malam pak saya karyawati Rs multazam medika bekasi .saya ingin memberi tahukan bahwa saya dgn karyawan yg lain udh 2 bulan blm digaji ... tolong di proses pak kasihan sama saya dgn yg lain sbab kita anak rantau ...
dikomentari oleh (100 poin)
Yth bapak ibu

Saya bekerja harian di surveyor indonesia di dumai.mulai november 2016 sampai sekarang.kami tidak di beri gaji bulanan dan bpjs.kami mintak tolong bantuan sama bapak/ibu..
dikomentari oleh (100 poin)
Slamat malam, saya mau tanya ,saya karyawan osoursing mengalami masalah ,pemutusan kerja saya karyawan jumlah karyawan 10 ,,trus yang 5 itu masih kerabat atau familih dari keluarga yg punya pt trsbt ,,,,lah disini tanpa ada kesalahan ke5 karyawn yg tdk famili trsbt di keluarkan dri ker jaan ,karna ada pengurangan dari perusahaan,, utama gimana pt osoursing trsbut dgn se enk nya sendiri mengeluar kan ke 5 karyawan yg tdk berbau saudara tanpa kesalahan
dikomentari oleh (100 poin)
Selamat siang,
Saya bekerja di PT. Charoen Phokpand Jaya Farm, saya ingin melaporkan perusahaan tempat saya bekerja tidak menerapkan aturan jam kerja, hari libur masuk (tgl merah) tapi tidak dihitung lembur, juga hal2 lain yang menurut aturan ketenagakerjaan lebih sering dilanggar. Bagaimana cara saya untuk melaporkan hal  tersebut kepada dinas yang berkopeten.

Trima kasih atas jawabannya.
dikomentari oleh (100 poin)
Selamat malam pa saya sindi mau melaporkan bahwa PT mitra langgeng wicaksana( AVENE) masih memberlakukan penahanan ijazah
Lembur sebulan bisa 6kali, gaji tidak umr dan potongan selalu diberlakukan setiap karyawan
Tidak ada bpjs dll
dikomentari oleh (100 poin)
Di jakarta banyak pengusaha jasa Bordir ada yg sudh pt. System kerja 12 jam upah harian 50rb s/d 100 rb gak ada kesejahteraan  lainnya tolong di tindak lanjut. Gaji  gak sesuai dgn jam kerja
dikomentari oleh (100 poin)
dear tim depnaker,
mohon tindak lanjuti kepada PT. MITRA INTEGRASI INFORMATIKA yg beralamat di apl tower, saya masih terikat kontrak dan saya belum di kasih penempatan kerja dan lemburan saya 2bulan tidak di bayar,mohon di tindak lanjuti pada kantor tersebut.trims
dikomentari oleh (100 poin)
Selamat sore...saya memang hanya seorang ibu rumah tangga tpi yg mau saya laporkan dsni adalah perusahaan penyedia jasa keamanan ( yayasan security) tempat suami saya bekerja...saya benar" kecewa dengan yayasan itu karena sampai saat ini kekurangan gaji suami saya selama 1 bulan belum juga di bayarkan padahal sejak bulan lalu suami saya dan teman"nya sudah tidak lgi bertugas di wilayah yang sama (salahsatu pusat kegiatan pelatihan olahraga di jakarta)di karenakan tidak di perpanjangnya kontrak kerjasama antara 2 pihak yg bersangkutan.tapi setiap di mintai kejelasan pihak dari yayasan tersebut selalu memberikan janji" palsu...tolong di tindaklanjuti...karena kami hidup butuh biaya bukan butuh janji" palsu..terimakasih
dikomentari oleh (100 poin)
Yth.  Bapak/ Ibu Depnaker
saya Fadli yang bekerja di PT. CAKRA SATYA INTERNUSA yang beralamat di City Square Business Park- Blok A-18-21 jalan Peta Selatan- Kalideres Jakarta Barat 11840.
saya melaporkan bahwa saya beserta teman- teman kerja saya hanya diberi upah minimum regional saja untuk jam kerja 12 jam dan saya bekerja sebagai Security di gedung The Energy Lot. 11A Kav. 52- 53 Kawasan SCBD dan saya minta tolong kepada team Depnaker untuk menindak lanjuti hal ini karena Perusahaan tersebut tidak mau membayar 4 Jam kita sesuai peraturan Depnaker.
Terima Kasih.
dikomentari oleh (100 poin)
kalau ada permasalahan hubungan industrial dengan perusahaan, bisa menghubungi kami atau bisa bergabung dengan kami Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi ( FSP Farkes Reformasi) yang beralamat di Jalan Cililitan Kecil I No.4A Jakarta Timur, dekat dengan Mall PGC
dikomentari oleh (100 poin)
diedit oleh
Yth. Bpk/ibu pengawas disnaker propinsi, saya mau mengadukan perihal masalah ditempat kerja saya, saya sudah bekerja selama 7 tahun di PT. PRASETYA PJF saya bekerja di PT. PRASETYA digaji sehari 50rb, jam kerja saya 3 hari 12jam 3 hari 8 jam dan itupun dihitung sama gak dihitung lembur,saya kerja sudah 7 tahun di PT. PRASETYA gaji saya tetap 50rb tdk dinaikkan dgn alasan masalah hutang jadi saya hrs mau digaji sehari 50 rb slma 7 tahun gaji tdk dinaikkan, akhrnya saya terima tapi lama kelamaan saya banyak tekanan dari pimpinan saya hingga akhrnya terjadi konflik, sehingga saya dari tahun 2015-2018 tdk digaji sama sekali smpk HR an saya jg gak dikasih 2 tahun berturut2,slma 2015-2018 saya menghitung sendiri absen saya berdasarkan tanggal hadir saya,sbgai karyawan yg slma 7 tahun bekerja di PT. PRASETYA apakah wajar sbgai karyawan diperlakukan sprti itu,dan hak apa yg hrs saya peroleh dr perusahaan ini yg bkrja slma 7 tahun di PT. PRASETYA dan sanksi apa yg diperoleh perusahaan yg gaji karyawan dibawah UMK, mohon dgn sgla hormat pengaduan ini ditindak lanjuti krn saya sbgai org kecil cuma meminta hak saya, terima kasih
dikomentari oleh (100 poin)
Caranya gimana untuk bergabung, soalnya saya punya masalah.  Gaji saya di tahan perusahaan.
dikomentari oleh (100 poin)
Pak..saya mau nanya apakah surat edaran dari pak jokowi kemarin itu berlaku apa nggak..kok kantor saya cs finance disuruh masuk jam 10. Gimana solusinya
dikomentari oleh (100 poin)
Pak..saya mau nanya apakah surat edaran dari pak jokowi kemarin itu berlaku apa nggak..kok saya disuruh berangakqt kekantor saya central sentosa finance pati disuruh masuk jam 10 pagi. terus masalah gajinya juga pemotongannya kebanyakan... apakah nggak ada solusinya dari dinas ini.. saya merasa keberatan..
dikomentari oleh (100 poin)
Selamat siang pak, saya mau nanya apakah benar perusahaan ojek online tidak menerima calon driver yg cacat fisik?saya sudah 2 kali melamar ditolak karena alasan fisik saya, padahal saya hanya tidak memiliki jempol tangan kiri. Saya selama ini kmn pun mengendarai motor tidak ada kendala,sya mengendarai seperti yg normal saja, saat sy tes sefty reeding juga lolos tp ketika diumumkan sy tidak diterima,,bgmn solusinya ya pak?
dikomentari oleh (100 poin)
Selamat sore bpk.yg trhormat.
Saya moh.saefulloh bekerja pda prusahaan swasta yg brgerak di bidang telekomunikasi.
Yg saya pertanayakan BAGAIMANA PERHITUNGAN PERUBAHAN SETATUS KARYAWAN DIJADIKAN KOTRAK karyawan mnjadi kontrak.
Saya bkerja sudah 6thun lbih dri awal msuk kerja.
Slama 6thun lbih saya bkerja tidk da taken kontrak tpi stahu saya sudah d angkat karyawan tetap otomatis klu sdah bkerja 1thun lbih d prushaan yg saya krja saat ini.
TOLONG JAWABAN & PENJELASANNYA DARI BAPAK.?
dikomentari oleh (100 poin)
Selamat sore pak.yg trhormat.
Saya moh.saefulloh bekerja pda prusahaan swasta yg brgerak di bidang telekomunikasi.
Yg saya pertanayakan BAGAIMANA PERHITUNGAN PERUBAHAN SETATUS KARYAWAN DIJADIKAN KOTRAK karyawan mnjadi kontrak.
Saya bkerja sudah 6thun lbih dri awal msuk kerja.
Slama 6thun lbih saya bkerja tidk da taken kontrak tpi stahu saya sudah d angkat karyawan tetap otomatis klu sdah bkerja 1thun lbih d prushaan yg saya krja saat ini.
TOLONG JAWABAN & PENJELASANNYA DARI BAPAK.?
dikomentari oleh (100 poin)
Selamat malam bpk atau ibu yang terhormat
Saya maryadi ramdan bekerja di perusahaan swasta di bidang safety equibtmen,,atau bagian alat alat keselamatan perkapalan,,,saya mau tanya nih,,saya di perusahaan ini nama nya pt julung wangi sudah bekerja selama 17 bulan itu jadi karyawan,,sebelum nya saya freeland di perusahaan ini selama 1 tahun,,saya mau membeberkan keluhan saya semoga ada jawaban dari bpk dan ibu terhormat,,saya mau di phk dari perusahaan ini,,sedangkan saya bekerja di perusahaan ini tidak ada sistem kontrak kerja dan bpjs ketanaga kerjaan dari selama saya menjadi karyawan di jakarta tepat nya di tanjung priok,,gimana menurut bapak dan ibu,,alasan saya di pecat juga tidak logis tampa di berikan surat peringatan atau segala macam,,gini kronologi nya,,perusahaan saya ada kontrak kerja dengan ketua ksop banjarmasin,tepat nya koperasi bandar barito,,trus jauh hari saya sudah dengar itu pembicaaraan dari bos saya ,,dan saya pun gk tau yang di tempat kan disana,,sekitar bulan 1 2019 kemaren saya tiba tiba di belikan tiket ke banjarmasin,,saya pikir hanya untuk sekedar kerja,,karena kita juga kadang kadang kerja di luar pulau juga,,singkat cerita saya di auruh netap disitu tampa ada negosiasi gaji dan segala macam,,wajar dong saya sebagai karyawan menuntut hal seperti itu kepada bos saya,,sedangkan saya juga ada kepentingan di jakarta yaitu kuliah,,dan bos saya bilang kepada kepala teknisi saya kalau saya gk mau di banjarmasin saya akan di pecat,,tapi saya hanya diam saja,,itu  pun bicara bukan kepada saya tapi perantara dari kepala teknisi,,dan saya berfikir apa saya gk di hargai sebagai karyawan,,singkat cerita saya sudah di jakarta dan kemarin tepat tgl 8 februari 2019  surat phk saya sudah di buat tapi belom di tanda tangan sama saya atau pun bos saya ,,karena bos saya tidak ada omongan sama sekali kepada saya,,apa yang harus saya lakukan bpk dan ibu berika saya jawaban secepat
Terima kasih
Mohon di baca
dikomentari oleh (100 poin)
Perkenalkan saya mulyadi
Saya ingin menyampaikan keluhkesah saya dan teman2 saya yg pernah bekerja di PT.mitra kreasi sukses
Saya dan teman2 saya telah di putus hubungan kerja dari tgl 16 april 2019
Tp sampai skrng gaji saya dan teman2 saya blum jg di berikan, padahal saya sudah bulak balik ke kantor utk minta hak saya, tp sampai sekarang jwbn mereka hanya "sedang di proses di bagian finence"

Saya sudah terlalu sabar dgn perusahaan ini, tolong sebelum ada orng yg di rugikan lg,
Tolong di beri peringatan utk perusahaan tersebut,
dikomentari oleh (100 poin)
Selamat siang bapak/ibu yg saya hormati
Perkenalkan saya mulyadi
Saya ingin menyampaikan keluhkesah saya dan teman2 saya yg pernah bekerja di PT.mitra kreasi sukses
Saya dan teman2 saya telah di putus hubungan kerja dari tgl 16 april 2019
Tp sampai skrng gaji saya dan teman2 saya blum jg di berikan, padahal saya sudah bulak balik ke kantor utk minta hak saya, tp sampai sekarang jwbn mereka hanya "sedang di proses di bagian finence"
Saya sudah terlalu sabar dgn perusahaan ini, tolong sebelum ada orng yg di rugikan lg,
Tolong di beri peringatan utk perusahaan tersebut,

Terima kasih
Bagikan laporan ini

hosting

2 Tanggapan

answered oleh (220 poin)
Iya Pa saya jg terkena masalah yg sama dari perusahaan INDOMARCO PRISMATAMA.tpi kalo saya tidak diberi pengobatan samasekali malah saya disuruh mengundurkan diri. dg alasan surat dari dokternya sudah kadaluwarsa. Padahal saya operasi dikepala sampai dua kali dan koma Sampai tiga bulan di rumah sakit. Tpi saya ga tau mau mengadu sama siapa? ??negara saya ga peduli sama orang miskin kaya saya.
dikomentari oleh (100 poin)
Pak mau tanya kami karyawan kontrak ganti orsorsing.....tapi yg lama dak kasi surat paklingan jd gimana kami bisa klaim bpjkt lama kami
dikomentari oleh (100 poin)
saya ingin melaporkan PT. Acset Indonusa dg alasan tidak membayar tunjangan sesuai perjanjian awal. tapi kalo disnakernya disumpel pake uang saya harus melapor kemana.
answered oleh (200 poin)
Tolong pak diusut LPK PELITA ANTAR BANGSA. Jl raya kalimalang. Sudah banyak melakukan penipuan korbannya sudah banyak. Terimakasih.
dikomentari oleh (100 poin)
Banyak yang kekurangan gaji di Lazada,  karna yayasan PT ARTHA KREASI UTAMA,  termasuk sya,  dr management hrs ny sakit di bayar tp gaji saya kurang 2.550.000 tidak di bayar kan.  Dan byk pkrja lain yg kekurangan gaji,  tlg di tindak lanjuti pak..  Bukan hny se x,  tp tiap bulan selalu krg mslh gaji

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 13.7k tayangan
0 saran 6.9k tayangan
0 saran 11.3k tayangan
0 saran 7.1k tayangan
0 saran 25.6k tayangan
0 saran 838 tayangan
0 saran 7.9k tayangan
0 saran 6.6k tayangan
0 saran 14.4k tayangan
diinformasikan 23 Nov 2015 dalam SHARING PENGALAMAN oleh ganten9 (260 poin)
0 saran 24.9k tayangan
0 saran 158 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...