179 tayangan
diinformasikan dalam SHARING PENGALAMAN oleh (2.7k poin)

Cara membobol rekening bank,kasus pembobolan rekening nasabah bank-Waspada, Ini Cara Pembobol Rekening Nasabah Bank dengan Modus SMS Banking.

Para penjahat selalu mencari cara mengakali kelemahan sistem di perbankan. Salah satu modus kejahatan yang cukup mengejutkan yakni dengan modus penipuan lewat SMS banking. Bayangkan, para pelaku bisa menjebol dan menguras uang melalui cara mendaftar SMS banking dan mengambil alih rekening seseorang. 

Seperti yang terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat. Maret lalu Abdul Rahman, kehilangan uang di rekeningnya di sebuah Bank BUMN. Saat dia berbelanja dengan kartu debet ternyata tak bisa dipakai. Rahman pun mengecek rekeningnya di bank. Alangkah kagetnya uang Rp 50 juta hanya tinggal Rp 125 ribu.

Saat mengkonfirmasi ke bank itu ternyata uang sudah ditransfer dengan melalui SMS banking. Padahal dia tidak pernah memiliki SMS banking. Rahman pun melapor ke polisi. Pihak kepolisian kemudian bekerjasama dengan pihak bank dan mengungkap sejumlah tersangka. Ada 3 tersangka yang terlibat yakni Juanda dan Sakarya yang sudah ditahan, serta tersangka lainnya Rahman yang buron.

Para tersangka diketahui mendaftar dengan SMS banking, dan bisa mengisi data-data sesuai dengan rekening korban Abdul Rahman.

"Tersangka sudah mencuri data nasabah," kata Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto, Jumat (24/4/2015).

Para tersangka dibekuk pekan lalu di Palembang. Mereka diketahui sudah mentrasfer uang korban ke sejumlah rekening. Lalu dari mana pelaku bisa mendapat data rekening korban hingga bisa membuat SMS banking?

Informasi yang dikumpulkan, pelaku diduga terkait dengan jaringan skimming kartu. Kemudian, pelaku membuat kartu duplikat yang kemudian dengan kartu duplikat itu digunakan untuk aktivasi SMS bankingnya.

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 153 tayangan
0 saran 74 tayangan
0 saran 180 tayangan
0 saran 338 tayangan
0 saran 185 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...