74 tayangan
diinformasikan dalam Penipuan Lewat Media Lainnya oleh User (3.6k poin)

Pembobol kartu kredit berinisial GP (29) ditangkap anggota Polda Metro Jaya. GP dilaporkan oleh sejumlah bank besar dan terkenal.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar M Iqbal

Salah satu pelapornya adalah Manager Kartu Kredit PT BCA Tbk yang melaporkan pembobolan itu pada 10 Desember dengan nomor laporan  LP/5287/XII/2015/PMJ/Ditreskrimum.

"Kejadian Desember 2015," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal di Jakarta, Jumat (18/12/2015) tengah malam.

Selain BCA, bank yang melaporkan pembobolan kartu kredit yakni BNI, Danamon, Bank Mandiri, ANZ, BRI dan UOB. GP melakukan pembobolan di Jalan Jenderal Sudirman Kav 21 Jakarta Selatan.

GP diketahui bekerja sebagai marketing kartu kredit pada beberapa bank. Kemudian dia membobol kartu kredit bank dengan modus mencuri data nasabah.

"Tersangka dapat mencuri data nasabah karena bekerja sebagai marketing kartu kredit pada sejumlah bank," ujar Iqbal.

Usai mencuri data, tersangka mengganti nomor telepon selular nasabah pada aplikasi kartu kredit dengan nomor telepon seluler yang disediakan GP yang tersambung ke telepon seluler korban.

Selanjutnya, GP berbelanja online menggunakan kartu kredit nasabah bank dengan keuntungan sekitar Rp 100 juta.

Tersangka dipersangkakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan ancaman hukuman penjara lebih dari lima tahun.

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 153 tayangan
0 saran 111 tayangan
0 saran 305 tayangan
0 saran 110 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...