5.6k tayangan
diinformasikan dalam SHARING PENGALAMAN oleh (260 poin)

Penipuan melalui media telekomunikasi seperti telepon rumah, handphone atau internet tentu bukan hal baru lagi dalam dunia kejahatan dan korban yang terkena tindak kejahatan ini juga terbilang cukup banyak.Maka muncullah istilah yang berkaitan dengan kejahatan hipnotis lewat media telpon.

Semakin hari modus yang dilakukan juga semakin beragam. Mungkin kita sudah hapal dengan modus penipuan SMS yang akrab dengan sebutan "sms mama" yang bunyinya kurang lebih seperti ini "... tolong isikan pulsa 20 ribu ke nomor baru ini, penting ... mama".

Penipuan model tersebut bertujuan untuk mendapatkan pulsa sebanyak mungkin dari calon korban, namun mungkin saat ini sudah banyak orang yang hafal dengan trik ini, kemudian muncul modus SMS lain yang berbunyi seperti " ... jangan transfer ke rekening ini, transfer saja ke rekening bank yang itu ... ", bila kita cermati bunyi sms penipuan ini jelas-jelas mengharapkan balasan dari si penerima, karena dengan membalas penerima sms secara tidak sadar telah registrasi secara otomatis dan membuat pulsa handphone mereka tersedot oleh si penipu.

Untuk menghindari modus atau trik tipuan seperti diatas, hindarlah membalas sms dari orang yang tidak jelas, karena hingga saat ini pencurian pulsa karena modus penipuan diatas tetap marak dengan cara-cara yang baru.

Penipuan melalui telepon rumah juga banyak terjadi, biasanya para penipu menelepon dengan mengatakan salah satu penghuni rumah mengalami kecelakaan atau masuk rumah sakit sampai dengan mengalami penahanan oleh pihak yang berwajib karena tersangkut narkoba dan kesemuanya memerlukan biaya untuk segera di transfer ke rekening yang mereka berikan, bahkan ada juga yang mengaku telah di hipnotis melalui telepon.

Berikut adalah bagaimana cara menangkal hipnotis lewat telpon,atau cara mencegah serta mengatasi modus penipuan lewat telpon.

Untuk menghindarinya sebelum melakukan sesuatu yang para penipu inginkan hendaknya cek terlebih dahulu kebenaran berita yang disampaikan. Sedangkan untuk kasus hipnotis, usahakan jangan sampai terlalu serius mendengarakan omongan orang yang tidak dikenal (putuskan saja jika dirasa mengganggu tidak usah merasa tidak enak atau tidak sopan).

Baru-baru ini bahkan penulis mendengan kabar dari seorang kawan, bahwa dia menerima telepon dari seseorang yang mengaku dari perusahaan asuransi dan akan memberikan sebuah fasiltas secara gratis, namun ditengah obrolan kawan penulis merasa ada yang aneh, pertama penelpon menanyakan apakah kawan penulis akan mudik, lalu disusul dengan pertanyaan yang mengarah ke data pribadinya, seperti pertanyaan yang biasa kita dapatkan jika kita menekepon ke card center suatu bank, seperti alamat, telpon pribadi, nama ibu kandung dan sebagainya.

Untunglah kawan penulis waspada dan langsung memutuskan obrolan sehingga terhindar dari upaya penipuan, menurut penulis penipu tersebut mempunyai tujuan untuk mendapatkan data pribadi calon korban, mungkin mereka akan menggunakannya untuk membobol rumah orang yang pulang mudik, atau menyalah gunakan data untuk transaksi perbankan (credit card).

Untuk modus penipuan ini harus kita ingat, bahwa pihak bank atau card center tidak akan menanyakan data pribadi kita jika posisi telepon adalah dari arah mereka (pihak bank yang menghubungi kita), berbeda sekali bila kita yang menghubungi mereka, tentunya pihak bank wajib menanyakan hal-hal pribadi tersebut untuk keamanan.

Mungkin itulah beberapa jenis penipuan melalui media telepon atau handphone yang penulis ketahui, dan jika ada diantara pembaca yang mengetahui jenis atau modus penipuan yang lainnya silahkan tinggalkan komentar disini, supaya kita semua bisa bertambah wasapada terhadap ancaman penipuan ini.

Terima kasih dan salam.

Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 296 tayangan
0 saran 232 tayangan
0 saran 248 tayangan
0 saran 701 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...