294 tayangan
diinformasikan dalam Layanan Masyarakat oleh (1.8k poin)

Linimasa Twitter dihebohkan dengan beredarnya foto Presiden Jokowi bersama pesohor, Nikita Mirzani. Foto tersebut jadi bahan percakapan sejak Minggu (13/12/2015).

Foto itu beredar menyusul pengungkapan kasus prostitusi kalangan artis, yang turut menyeret nama Nikita Mirzani sebagai saksi korban. Riuh percakapannya terlihat lewat masuknya tagar #PapaMintaPaha dalam topik tren Indonesia, Minggu (13/12).

Kicauan dalam tagar tersebut memberi kesan seolah Jokowi punya skandal dengan Nikita. Akun pencatat tren, @TrendinaliaID menyebut @ypaonangan sebagai salah satu akun teraktif dalam tagar #PapaMintaPaha.

Pelacakan Topsy menunjukkan, akun @ypaonganan juga mengirim tagar #PapaDoyanLonte dalam topik ini, sekaligus menjadi pekicau pertamanya.

Akun tersebut dipercaya milik Yulian Paonganan, karib disapa Ongen. Namanya kerap dilabeli sejumlah media sebagai pakar kemaritiman. Di Twitter, @ypaonganan sering menyebar tagar bersentimen negatif terhadap pemerintahan Jokowi. Beberapa di antaranya berbuah tren--dengan bantuan akun anonim dan robot.

Menariknya, setelah menyebar foto Jokowi - Nikita dan tagar-tagar negatif turunannya, akun @ypaonangan kini hilang dari linimasa.

Beritagar.id mencoba melakukan proses pendaftaran di Twitter, dengan menggunakan nama @ypaonangan. Hasilnya, Twitter menjelaskan bahwa nama itu telah terdaftar. Merujuk temuan itu, besar kemungkinan akun @ypaonangan tengah ditangguhkan. Boleh jadi, Twitter telah menerima laporan penyalahgunaan layanan yang dilakukannya.

Adapun tudingan @ypaonganan seputar foto Jokowi - Nikita itu mendapat respon balik dari sejumlah akun berpengaruh. Salah satunya dari sutradara, Joko Anwar (@jokoanwar).

Kepada 860 ribu pengikutnya, @jokoanwar menyebut kicauan dan foto tersebut sebagai fitnah. Ia turut membagikan tangkapan layar kicauan @ypaonangan yang memuat foto Jokowi - Nikita, serta mengadukannya kepada @DivHumasPolri--dikenal sebagai akun milik Divisi Humas Mabes Polri.

Lantas dari mana asal usul foto Jokowi - Nikita itu?

Pelacakan Beritagar.id menemukan bahwa foto itu diambil pada 10 Agustus 2012.

Saat itu, Jokowi--masih berstatus sebagai calon Gubernur DKI Jakarta--menghadiri pemutaran perdana film Brandal Ciliwung. Nikita Mirzani juga hadir pada acara yang berlangsung di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan itu.

Akun Twitter @NikitaMirzani--dipercaya milik Nikita--juga sempat membagikan fotonya bersama Jokowi itu di linimasa. Namun foto itu tak bisa lagi dilihat--hanya menyisakan kicauannya--sebab dibagikan lewat layanan Lockerz, yang kini telah ditutup.

Meski begitu, jejaknya memang masih bisa ditemukan di tempat lain, misalnya di blog senjaberita.blogspot.com. Dalam tulisannya, sang narablog juga menyebut bahwa foto itu rentan digunakan lawan politik Jokowi, sebagai serangan.

Sebagai tokoh publik, wajar bila Jokowi mendapat permintaan foto bersama dalam pelbagai kesempatan.

Sila lihat hasil pencarian kata kunci "Selfie Jokowi" di Google. Dari sana terlihat bahwa Jokowi terbiasa melayani tawaran berfoto bareng, dengan semua kalangan. Tak hanya dengan Nikita, atau para pesohor saja.

Sumber;beritagar.id

Baca juga;

 

Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 1.1k tayangan
0 saran 228 tayangan
0 saran 98 tayangan
0 saran 203 tayangan
0 saran 164 tayangan
0 saran 331 tayangan
diinformasikan 24 Des 2015 dalam Narkoba oleh Nhak Gabus (1.8k poin)
0 saran 118 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...