8.5k tayangan
diinformasikan dalam SHARING PENGALAMAN oleh (1.9k poin)

Siang tadi (16/12/2015) saya menerima BBM dari seorang kawan lama, seorang penyiar radio senior di Bandung. Isinya begini: Tips Cara Blokir Nomor HP SMS Penipuan. "Seringkali kita mendapat SMS penipuan yg menyatakan anda menjadi pemenang kuis, SMS yg pura2 nyasar tentang transfer uang, mama genit minta pulsa, agen pulsa super murah dst… " katanya. 

Berikut ini kutipan lengkap pesan selanjutnya:
Jangan kita biarkan, saat ini ada cara utk menanggulanginya : 

1.TELKOMSEL
Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166 
Contoh : Penipuan#0812123456#selamat anda mendptkan 1 unit mobil Avanza dari Telkomsel poin…dst, lalu kirim ke 1166. 

2. XL
Format SMS : Lapor#Nomor yg di gunakan utkmenipu#kasus yg di keluhkan, lalu krm ke 588

3. INDOSAT
Format SMS: SMS(spasi)Nomor pengirim SMSpenipuan(spasi)isi SMS penipuan, kirim ke 726. 

Jika sudah lebih dari 2 org yg melaporkan SMS penipuan, maka nomor tersebut segera diblokir secara permanen oleh operator… Layanan ini gratis. Sekedar Info... 

Jika Anda mengalami penipuan dalam “TransaksiONLINE” cukup kirim kronologis dan No. Rekening si penipu ke web polri.go.id” POLRI akan langsung bertindak dengan memblokir ATM si penipu & melacak keberadaannya untuk di tindak sesuai hukum.

Demikian panjang isi BBM tersebut. Dalam BBM berikutnya, ia mengatakan, tips tersebut ia dapatkan dari kepolisian. Saya tidak percaya begitu saja, lalu membuka langsung di website resmi Telkomsel, Indosat, dan XL untuk mencari informasi cara melaporkan penipuan SMS.

Hasilnya sebagai berikut:

1. TELKOMSEL
Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166
Contoh : Penipuan#0812123456#selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr telkomsel poin…dst lalu kirim ke 1166

2. XL
Tinggal forward pesannya ke nomor 588
(Cara Lama: Format SMS: Lapor#Nomor yg di gunakan utk menipu#kasus yg dikeluhkan lalu krm ke 588).
 
3. INDOSAT
Tidak berlaku: Format SMS : SMS(spasi)Nomor pengirim SMS penipuan (spasi) isi SMS penipuan, kirim ke 726.

Melaporkan Penipuan Online:
Ciri utama Penipu: Menggunakan website gratis. Domain yang sering dipergunakan para penipu diantaranya adalah blogspot.com, wordpress.com, webs.com, co.cc, jimdo.com, dan masih banyak domain gratis lainnya.

Jika sebuah perusahaan mengadakan program-program marketing (misalnya saja undian berhadiah), biasanya mereka akan membuat publikasi pada subdomain website resmi mereka. Website resmi PT Telkomsel adalah www.telkomsel.com, Indosat (www.indosat.com), dan XL (www.xl.co.id).

Pengumuman resmi dari XL: "Pengumuman penyelenggaraan suatu program berhadiah dan pemenangnya yang secara resmi diselenggarakan oleh XL hanya akan diumumkan melalui www.xl.co.id dan dihubungi melalui nomor 818. Program berhadiah yang diselenggarakan secara resmi oleh XL tidak memungut biaya apapun dari pemenangnya."

KESIMPULANNYA: CARA MELAPORKAN/MEMBLOKIR NO SMS PENIPUAN 
TELKOMSEL > kirim ke 1166 format: Penipuan#nomor penipu#isi SMS penipuanINDOSAT > kirim ke 726 format: SMS(spasi)nomor penipu(spasi) isi SMS penipuanXL > Forwad/teruskan pesannya ke nomor 588.

Demikian info ini saya sampaikan,semoga bermanfaat dan sebarkan bila berguna,namun jangan lupa sertakan link sumbernya dari situs ini,  sedikit menghargai saya; he he heeee....

Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 3.6k tayangan
0 saran 504 tayangan
0 saran 910 tayangan
0 saran 5.7k tayangan
0 saran 595 tayangan
diinformasikan 27 Des 2015 dalam Penipuan Via SMS oleh Theresia (1.9k poin)
0 saran 25k tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...