120 tayangan
diinformasikan dalam SHARING PENGALAMAN oleh User (3.6k poin)

Aksi kejahatan yang meningkat dalam jaringan dunia maya yang menggunakan transfer dana melalui bank kian bervariasi. Dari yang berkedok online shop hingga modus terakhir yaitu jasa agen wisata yang beredar melalui pesan singkat di telepon genggam.

Polisi mengimbau bagi masyarakat untuk lebih waspada saat menerima pesan-pesan singkat di ponsel masing-masing. Terutama saat jam-jam lengah. 

"Jam rawan terima SMS adalah jam makan siang pukul 12 sampai dengan 14. Sore hari pukul 17.00 karena kondisi kita pada jam makan siang tidak terlalu fokus, sudah ingin makan siang. Sedangkan jam pulang kantor sudah lelah," kata juru bicara Polres Metro Jakarta Selatan Briptu Broto Suwarno di kantornya. 

Menurut Broto, dari beberapa kasus yang berhasil diungkap, modus-modus pesan singkat itu dikirimkan pelaku saat jam-jam lengah para calon korban. "Karena dari yang saya baca mayoritas jam pulang kerja," ujar Broto. 

Broto menunjukkan rangkuman kasus yang ditangani Polres Jakarta Selatan selama tahun 2013. Dalam selembar kertas tertera kolom nomor telepon pelaku, jumlah uang korban yang ditransfer, dan nama-nama fiktif pemilik rekening tujuan korban. 

"Ada 5 kasus dengan modus jaringan online dan transfer ATM selama tahun 2013 ini. Ini yang melapor," ujarnya.

Guna mencegah kejadian serupa untuk terulang, diharapkan masyarakat tidak mudah percaya bujuk rayu melalui SMS, telepon, belanja online. "Jangan mudah memberikan nomor rekening, jangan mudah dituntun menju ATM. Jika mendapatkan nomor tak dikenal langsung hapus," imbau dia. 

Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 491 tayangan
0 saran 221 tayangan
0 saran 189 tayangan
diinformasikan 6 Jan 2016 dalam SHARING PENGALAMAN oleh Fey Down MODERATOR (14.6k poin)
2 saran 344 tayangan
0 saran 64 tayangan
0 saran 74 tayangan
diinformasikan 21 Okt 2017 dalam SHARING PENGALAMAN oleh Reza fauzi rachman (120 poin)
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...