10.2k tayangan
diinformasikan dalam Penipuan Lewat Telpon oleh (290 poin)

Tetipu oleh sebuah SMS atau telepon yang menyatakan bahwa kita memenangkan sebuah undian tentunya akan sangat merugikan. Karena kita mengalami dua kerugian sekaligus, selain hadiah yang diharapkan tidak didapatkan, seringkali kita merugi berupa uang biaya yang diminta ataupun pulsa untuk menelepon dan SMS.

Oleh karena itu baiknya kita mengetahui dahulu Ciri SMS atau telepon undian palsu/ penipuan. Sehingga kita mengetahui langkah selanjutnya yang harus kita lakukan. Jika itu merupakan undian asli tentunya kita akan merasa sangat gembira karena memenangkannya dan memperoleh hadiah.

Jika ternyata itu merupakan SMS atau telepon penipuan kita jangan sampai memberikan data pribadi atau mentransfer uang kepada pihak tersebut. Dan akan lebih bijak kita melaporkan nomor penipu tersebut kepada pihak operator agar tindakan yang tidak bertanggung jawab tersebut diblokir dan tidak terus meresahkan.
Baca juga Ciri website undian palsu/ penipuan

Bagaiaman caranya melaporkan pengirim SMS atau telepon undian palsu tersebut?. Kali ini saya akan memberikan cara yang dapat anda coba. Silahkan disimak dibawah ini

Cara Melaporkan SMS atau Telepon Undian Palsu

Cara melaporkan penipuan tersebut cukup mudah anda hanya perlu mengirim pesan dengan format tertentu ke operator penyedia layanan anda. Silahkan sesuaikan dengan operator yang anda gunakan:

INDOSAT

Format pesan:  SMS(spasi)nomor penipu(spasi)isi SMS penipuan Kirim ke 726

TELKOMSEL

Format pesan: Penipuan#nomor penipu#isi SMS penipuan Kirim ke 1166

XL

Format pesan: Pesan penipuan/ nomor telepon penipu (forward/ teruskan saja) Kirim ke 588

Dengan melaporkan tindakan penipuan tersebut kepihak yang tepat anda telah melakukan tindakan yang baik untuk mencegah bertambahnya orang lain yang dirugikan oleh SMS atau Telepon undian palsu tersebut.
Baca juga 6 Pengusaha terkaya di Amerika

Demikian Cara Melaporkan SMS atau Telepon Undian Palsu/ Penipuan ini, semoga bermanfaat.

dikomentari oleh (100 poin)
Saya barusan mendapat sms  seperti ini
PT. ANDROID INDONESIA
No izin undian SK588/III/DROID/2017, Bahwa Smartphone Anda Mendapatkan Rp.50.000,000 Kode Pemenang Klik: bit.do/4j592tk0
Ini penipuan apa bukan?
Bagikan laporan ini

hosting

1 Jawaban

answered oleh Kontributor (6.4k poin)

Salam. 

Kami juga telah merangkum Cara menghindari penipuan via SMS, CHAT, TELPON, WEB untuk membantu anda. Jika anda membaca tulisan ini dengan baik, Anda mungkin dapat menghindari BERBAGAI JENIS PENIPUAN kedepan. 

Silahkan baca Rangkuman Cara menghindari penipuan online  via SMS, CHAT, TELPON, WEB di : [ https://www.cleova.com/cara-menghindari-penipuan-online-via-sms-telp-chat-web/ ]

  • Rangkuman tersebut kami ambil dari kasus orang yang berkonsultasi IT gratis ke layanan saya sendiri.

Kami Jasa WebsiteJasa Toko OnlineJasa Konsultasi IT [Masalah umum (Gratis) / Masalah web (berbayar)]. Semoga membantu :)

DICKY IBROHIM

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 486 tayangan
0 saran 3.3k tayangan
1 Saran 236 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...