260 tayangan
diinformasikan dalam SHARING PENGALAMAN oleh (240 poin)

Belum lama ini, tersiar kabar bahwa ada salah satu staf kepresidenan yang BBM-nya kena bajak. Tentunya hal tersebut bisa berdampak sangat fatal karena melibatkan orang yang berposisi tinggi. Sedangkan, Blackberry mengklaim bahwa sistem yang mereka berikan adalah sistem mobile yang paling aman. Lantas bagaimana hal ini bisa terjadi?

Menurut data yang dibagi Blackberry saat peluncuran ponsel terbaru mereka (Baca: Blackberry Luncurkan Smartphone Berbasis Blackberry 10), bahwa 70% tingkat kebobolan sebuah sistem itu diawali lewat bobolnya smartphone dari para pengguna. Sedangkan kebanyakan dari kasus pembobolan smartphone itu kebanyakan adalah akibat dari kelalaian si pengguna itu sendiri.

Ardo Fadhola selaku Senior Country Product Manager South East Asia Blackberry, mengatakan bahwa Blackberry memiliki sistem sekuriti yang paling aman di dunia. Ini sudah teruji di dunia, khususnya di Jerman di mana Angela Merkel dalam sehari-harinya mengandalkan Blackberry sebagai sistem yang digunakannya. Tidak hanya handset saja, melainkan Blackberry sebagai OS dan aplikasi itu sendiri memang didesain semata-mata untuk keamanan si pengguna maupun untuk instansi.

Dengan sistem yang dimiliki oleh Blackberry, Anda bisa memisahkan data pribadi dengan data perusahaan. Selain itu, sistem tersebut juga dapat melakukan penghapusan data dari jarak jauh, melacak posisi smartphone, sampai dengan mengunci smartphone Anda. Sehingga secara keseluruhan, smartphone yang menggunakan sistem dari Blackberry ini akan sangat aman. Bahkan ketika smartphone Anda dicuri orang sekalipun, maka orang tersebut tidak akan dapat menggunakannya tanpa memasukkan Blackberry ID yang benar.

Oleh karena itu, sangatlah kecil kemungkinannya jika sistem Blackberry tersebut bisa dibobol. Lantas, bagaimana mungkin kejadian yang menimpa staf kepresidenan itu bisa terjadi? Seperti sudah disebutkan di atas, bahwa hampir semua kasus umumnya terjadi akibat kelalaian si pengguna. Satu-satunya kunci untuk membuka sistem keamanan Blackberry tersebut hanya ada pada Blackberry ID.

Setiap pengguna Blackberry seharusnya memiliki Blackberry ID yang terdiri dari alamat email dan password yang hanya diketahui oleh si pengguna itu sendiri. Namun, masih banyak pengguna yang mengabaikan pentingnya Blackberry ID tersebut. Sehingga banyak kasus yang terjadi karena pihak lain yang tidak bertanggung jawab bisa mendapatkan akses lewat Blackberry ID si pengguna yang tidak terjaga dengan baik. Seperti contoh misalnya, banyak pengguna yang membeli handset di toko dan meminta orang toko tersebut untuk membuatkan Blackberry ID mereka. Hal ini tentu saja sama dengan memberikan akses Blackberry ID Anda ke orang lain.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips agar Blackberry Anda tetap aman:

1. Pastikan Blackberry ID Anda hanya diketahui oleh Anda seorang.

Buatlah Blackberry ID Anda sendiri, tanpa diketahui oleh orang lain. Jika, Anda terpaksa meminta bantuan orang lain, pastikan bahwa setelahnya Anda langsung mengganti passwordnya.

2. Buat password Anda dengan variasi karakter, semakin panjang jumlah karakternya akan semakin baik.

Para hacker umumnya menggunakan sistem khusus yang akan menebak password Anda dengan memasukkan karakter random, sampai akhirnya kata kunci pada password Anda akan diketahui. Namun, hal tersebut akan memakan waktu yang sangat lama. Sehingga, jika Anda membuat kata kunci password Anda dengan karakter-karakter unik (huruf besar huruf kecil, tanda baca, dst) maka sistem hacker tersebut akan lebih sulit menemukannya. Begitu pula jika jumlah karakter password Anda makin banyak, maka akan makin banyak pula karakter yang harus ditebak yang berakibat akan makin lama pula waktu dibutuhkan untuk membobol password Anda.

3. Ganti password Anda secara berkala.

Karena membobol password Anda akan memakan waktu yang lama, maka gantilah password Anda secara berkala. Sehingga saat sistem hack mereka berhasil menemukan kata kunci Anda, Anda sudah menggantinya. Mereka pun harus mengulang proses pembobolan dari awal lagi.

4. Jangan gunakan password yang sama di banyak tempat.

Anggap saja sistem Blackberry Anda sudah aman. Namun, ternyata email Anda tidak dilindungi seketat Anda melindungi sistem Anda. Atau mungkin Anda register di website yang tidak jelas dan memasukkan password yang sama dengan yang Anda gunakan di sistem Blackberry Anda. Jika data tersebut bocor dan bisa diperoleh oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka ibaratnya kunci master Anda sudah dipegang orang tersebut. Hal seperti inilah yang terjadi pada pembobolan Sony yang sempat ramai diberitakan tersebut. Usahakan gunakan password yang berbeda-beda.

5. Jangan pernah masukkan Blackberry ID Anda di tempat lain selain pada sistem Blackberry Anda.

Yang paling sering terjadi pada kasus pembajakan identitas adalah akibat kita memasukkan user name dan password di tempat yang bukan seharusnya. Berhati-hatilah saat diminta memasukkan Blackberry ID di tempat selain di dalam sistem. Misalnya jika ada link yang kemudian mengarahkan Anda ke halaman web yang meminta Anda untuk memasukkan user name dan password. Bisa jadi, di saat inilah Blackberry ID Anda dicolong. Oleh karena itu, jangan pernah masukkan Blackberry ID Anda di tempat lain, semenarik apapun link tersebut!

Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 639 tayangan
0 saran 155 tayangan
0 saran 455 tayangan
0 saran 3.7k tayangan
0 saran 451 tayangan
0 saran 129 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...