1.2k tayangan
diinformasikan dalam Penipuan Lewat Telpon oleh (200 poin)

Modus penipuan lewat telpon kian hari kian marak dan terus memakan korban,biasanya pelaku melancarkan aksinya lewat telpon seluler yang sangat sulit untuk dilacak karena begitu pelaku selesai menipu korbannya,nomor telpon seluler bisa langsung dibuang demi menghilangkan jejak.Hal demikianlah yang makin membuat subur tindak kriminal penipuan melalui media telpon ini sehingga pelaku semakin banyak dan otomatis korbanpun semakin banyak.

Dibawah ini adalah berita mengenai modus penipuan via telpon yang berhasil diungkap oleh kepolisian.

Kepolisian Daerah Metro Jaya mencatat berbagai modus penipuan yang dilakukan kelompok orang melalui jaringan telepon. Korbannya pun tidak sedikit dalam kasus ini. Dalam melancarkan aksinya, ujungnya pelaku meminta sejumlah uang untuk ditransfer.

Inilah yang dinamakan modus penipuan lewat telpon.

Kepala Sub Direktorat Cyber Crime, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya,  Ajun Komisaris Besar Whisnu Hermawan, mengatakan selain modus penipuan mengabarkan anak kecelakaan, ada beberapa lagi modus yang sering dilakukan para penipu tersebut.

"Misalnya penipu menghubungi orang tua jika anaknya terkena kasus narkoba, lalu ada lagi yang mengaku pejabat dan menang undian. Intinya mereka ingin meminta sejumlah uang agar di transfer," ujar Whisnu.

Menurut Whisnu, banyak modus yang menggunakan jaringan telepon, baik itu menghubungi langsung maupun melalui pesan singkat. Namun, kebanyakan korban mudah terpengaruh jika pelaku langsung menghubungi dengan telepon.

Beda lagi dengan modus melalui dunia maya, biasanya penipu menjual barang-barang berharga yang sangat mahal, ketika sejumlah uang sudah ditransfer ke pelaku, berang tersebut tidak sampai. 

Lain lagi dengan modus yang sempat terungkap, yakni modus mencari pasangan di laman Facebook yang akhirnya meminta sejumlah uang kepada korban. Khusus untuk modus melalui jaringan website ini, kata Whisnu kebanyakandilakukan oleh warga negara asing.

"Jumlah uang yang diminta tidak sedikit, mereka juga mencari nomor telepon dan alamat email secara acak," katanya. "Pelaku biasanya berkelompok, karena semua pelaku memiliki peran. Ada yang menghubungi korban, ada yang berperan sebagai orang lain untuk meyakinkan dan ada yang bagian menerima uang. Semua sudah terkoordinir dengan baik."

Khusus untuk penipuan melalui undian, pelaku menawarkan barang-barang yang sanagat menarik peminat korban, misalnya uang ratusan juta rupiah, mobil mahal, motor, handphone terbaru, dan masih banyak lagi.

Segera Laporkan

Kepolisian sendiri masih bekerja untuk memberantas jaringan penipu tersebut. Dia juga mengimbau kepada masyarakat jika terkena modus penipuan seperti itu untuk segera dilaporkan kepada pihak kepolisian.

Sebelumnya, Kalsum (38), warga Cimanggis Depok, dihubungi oleh penipu yang mengabarkan jika anaknya mengalami kecelakaan gawat dan dirawat di rumah sakit. Komplotan penipu itu sengaja mengincar orangtua murid yang memiliki anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Kalsum, langsung panik setelah mendapat kabar dari pembantunya bahwa putri bungsunya, Sarah, jatuh dari tangga sekolah. Tetapi saat menghubungi pihak sekolah, anaknya tidak mengalami luka sedikit pun.

Bagikan laporan ini

hosting

1 Jawaban

answered oleh Kontributor (6.4k poin)

Salam. 

Kami juga telah merangkum Cara menghindari penipuan via SMS, CHAT, TELPON, WEB untuk membantu anda. Jika anda membaca tulisan ini dengan baik, Anda mungkin dapat menghindari BERBAGAI JENIS PENIPUAN kedepan. 

Silahkan baca Rangkuman Cara menghindari penipuan online  via SMS, CHAT, TELPON, WEB di : [ https://www.cleova.com/cara-menghindari-penipuan-online-via-sms-telp-chat-web/ ]

  • Rangkuman tersebut kami ambil dari kasus orang yang berkonsultasi IT gratis ke layanan saya sendiri.

Kami Jasa WebsiteJasa Toko OnlineJasa Konsultasi IT [Masalah umum (Gratis) / Masalah web (berbayar)]. Semoga membantu :)

DICKY IBROHIM

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

1 Saran 236 tayangan
1 Saran 154 tayangan
1 Saran 174 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...