858 tayangan
diinformasikan dalam Penipuan Oknum Seller FJB oleh User (3.6k poin)
Saya dalam kasus ini adalah buyer yang tertarik untuk melakukan pembelian laptop Toshiba melalui bukalapak.

Setelah melakukan pencarian di bukalapak, ada 1 seller yang menjual laptop yang saya inginkan dengan harga cukup miring (saya sudah melakukan research harga terlebih dahulu).

Proses transfer pun segera saya lakukan. Keesokan harinya saya mendapatkan konfirmasi dari pihak seller, bahwa seller telah mengirimkan barangnya dengan menggunakan ekspedisi yang tidak terdaftar di bukalapak. Pihak seller pun memberikan no resi untuk pengiriman barang tersebut. Dia menginstruksikan untuk langsung meng-google no resi tersebut. Saya pun melakukannya, dan anehnya no resi itu langsung terhubung ke dalam suatu blogspot ekspedisi bernama cargo star. Adapun no resi itu adalah SUN728118273341 (bisa anda cek sendiri). Dan lebih anehnya, pengirim menggunakan atas nama salah satu toko elektronik di Surabaya yang cukup terkenal.

Saya pun percaya saja bahwa barang telah dikirimkan.

Sore harinya, saya menelpon bukalapak untuk menanyakan perihal penggunaan ekspedisi yang tidak terdaftar ini. Kemudian betapa kagetnya saya bahwa, telah ada beberapa modus seperti ini, dimana seller menggunakan ekspedisi yang tidak lazim, kemudian seller langsung menghubungi buyer mengatakan bahwa barang tertahan di bea cukai, sehingga diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke no rekening diluar bukalapak.

Pihak bukalapak pun langsung mengindikasikan bahwa transaksi saya adalah transaksi yg berbau penipuan. Dana segera di refund ke saya.

Sharing ini hanya untuk para buyer agar jangan sampai melakukan proses transfer di luar dari bukalapak.

Salut untuk bukalapak, semoga maju terus! :D
Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 885 tayangan
0 saran 381 tayangan
0 saran 307 tayangan
0 saran 517 tayangan
0 saran 888 tayangan
0 saran 357 tayangan
0 saran 529 tayangan
0 saran 259 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...