522 tayangan
diinformasikan dalam Penipuan Lewat Telpon oleh (1.8k poin)

Melawan tipuan dengan tipuan. Kuncinya penipuan model ini adalah membuka percakapan telepon dengan kalimat "Ingat aku nggak?" atau yg mirip dengan itu untuk menjebak korban. Jika menerima panggilan telepon seperti ini, mulailah berhati-hati. Sebaiknya jangan pernah menyebut nama sahabat kita yang asli. Sebaliknya, cobalah menjawab balik dengan menipu si penelepon, yaitu dengan menyebut nama yang tidak pernah Anda kenal misal "si Darsim ya SMA dulu ya?" Jika si penelepon menjawab, "bukan", jangan terpancing untuk menyebut nama teman asli, tapi terus sebutlah nama ngawur sampai si penelepon mengakui nama itu atau menyebut namanya sendiri.

Kemungkinan jika si penelepon memang berniat menipu dan sudah mengetahui salah satu sahabat kita, dia akan menyaru sebagai teman kita tersebut. Jika sudah begitu, tipulah dia dengan suatu pengalaman abal-abal yg dikaitkan dgn nama tersebut. Jika dia tertipu dan mengakuinya, selamatlah kita dari penipuan.

Ciri utama penipuan ini seperti disebut Om Hery SW adalah meminta transfer, baik uang, voucher isi ulang, maupun pulsa. Jika penelepon sudah melakukan hal ini, Anda patut menduga kuat itu adalah penipuan alih-alih mempercayai si penelepon sebagai teman Anda seperti yang dia klaim. Lakukanlah cross check terlebih dahulu dengan menghubungi atau mengakses data dari nama yang diklaim melalui media japrinya yang lain, atau menghubungi kontak lain yang bisa mengklarifikasi atau mengonfirmasi bahwa si penelepon tersebut memang benar teman Anda. 

Sekian dulu tips ngawur saya.

Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

1 Saran 261 tayangan
1 Saran 164 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...