263 tayangan
diinformasikan dalam SHARING PENGALAMAN oleh (300 poin)

Penipuan dengan Struk ATM

Modusnya adalah Calon pelaku mengintai calon korban, toko emas Pada Senang, sejak lama. Dia pernah datang sebelumnya untuk melihat-lihat perhiasan emas di toko tersebut, namun, tidak pernah melakukan transaksi pembelian karena dia tidak menemukan ukuran gram emas yang dicari.

Beberapa hari kemudian, pelaku datang bersama seorang temannya untuk melakukan transaksi pembelian dengan menggunakan fasilitas Debit BCA atas gelang emas yang kebetulan ada dan ukurannya sesuai dengan yang dia cari. Pelaku memiliki kartu ATM Platinum, akan tetapi kartu tersebut gagal di-swipe oleh mesin debit BCA karena alasan Swipe Card Error.

Kemudian, pelaku menawarkan untuk melakukan transaksi pembayaran dengan transfer via ATM. Setelah kurang lebih 30 menit pelaku kembali dengan membawa struk ATM yang lengkap memuat waktu transaksi, yaitu hari /tanggal/bulan/tahun, nomor rekening transfer, nama penerima transfer, serta jumlah uang yang sesuai dengan transaksi. Berdasarkan bukti transfer tersebut, kemudian pemilik toko menyerahkan gelang emas yang dibeli oleh pelaku.

Malam harinya pemilik toko coba mengecek saldo lewat ATM, dan angka pada saldo tidak bertambah. Ketika itu, pemilik toko merasa tidak curiga karena biasanya mutasi rekening atas transaksi di hari libur baru akan masuk keesokan harinya.

Pada esok harinya pemilik toko pergi menuju kantor BCA terdekat untuk mencetak buku nasabahnya sekaligus menanyakan mengapa transaksi sejumlah di atas belum termutasi. Setelah di-inquiry oleh pegawai bank, ternyata transaksi tersebut tidak pernah ada dan pihak bank menyimpulkan bahwa itu adalah transaksi fiktif.

Berikutnya;Modus Money Laundring/Pencucian Uang via ATM

Bagikan laporan ini

hosting

1 Jawaban

answered oleh Kontributor (6.4k poin)

Struk tidak menggambarkan Uang diterima secara aman. Cek mutasi bank anda langsung adalah solusi terbaik.

Kami juga telah merangkum Cara menghindari penipuan via SMS, CHAT, TELPON, WEB untuk anda. Jika anda membaca tulisan ini dengan baik, Anda dapat menghindari BERBAGAI JENIS PENIPUAN kedepan. 

Silahkan baca Rangkuman Cara menghindari penipuan online atau kunjungi link berikut ini: [ https://www.cleova.com/cara-menghindari-penipuan-online-via-sms-telp-chat-web/ ]

Kami Jasa WebsiteJasa Toko OnlineJasa Konsultasi IT [Masalah umum (Gratis) / Masalah web (berbayar)]. WA/ TELEGRAM/ LINE: +6282311111198 (DICKY IBROHIM)

Semoga membantu :)

DICKY IBROHIM

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 214 tayangan
0 saran 112 tayangan
diinformasikan 27 Nov 2015 dalam SHARING PENGALAMAN oleh chiamik (300 poin)
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...