204 tayangan
diinformasikan dalam Penipuan Lewat Media Lainnya oleh (280 poin)
Parahnya, penipuan perbankan dan kartu kredit sangat susah dideteksi. Sebabnya antara lain karena sindikat sangat rapi dalam dalam menjalankan aksinya sehingga tidak mudah dideteksi lebih awal. Selain itu tidak sedikit sindikat penipu yang beroperasi di luar yurisdiksi penegak hukum kita sehingga sulit ditindak. Akibatnya kerugian yang dialami pun hampir tidak mungkin diperoleh kembali.
Berikut beberapa jenis penipuan yang dapat Anda deteksi supaya Anda terhindar dari tindak kejahatan penipuan:
Phising (mencuri data pribadi Anda) lewat telepon. Modusnya bisa bermacam-macam. Yang paling sering para penipu menyamar sebagai petugas perbankan atau kartu kredit. Dengan alasan yang masuk akal mereka memperdaya Anda untuk memberikan data pribadi seperti nama, tanggal lahir, dll sampai data rahasia seperti kode password, PIN, nomor ATM / Kartu Kredit, data perbankan Anda lainnya. Pahami Phising lebih dalam dengan membaca juga: Phising: Pencurian Identitas Anda.
Phising lewat email. Jaringan penipu biasanya mengirimkan email yang terlihat sangat kredible dan terpercaya, termasuk menampilkan logo bank Anda, alamat dan nomor telepon. Dalam email tersebut Anda diminta meng-klik suatu link ke ‘suatu tawaran spesial’ atau ‘undian berhadiah besar’ atau aneka tawaran menarik lainnya. Pada saat Anda mengklik link tersebut, Anda akan dibawa ke website palsu yang sangat mirip dengan website resmi bank Anda. Di website tersebut Anda diminta untuk memasukkan nomor kartu (ATM or Kartu Kredit), password, pin dan data-data lainnya.
Anda diminta men-download suatu ‘security software atau software menarik lainnya’ yang terkadang gratis tetapi sebetulnya merupakan virus Trojan. Virus tersebut selanjutnya menginfeksi komputer Anda dan memberi akses ke pihak lain untuk mengontrol komputer Anda. Virus tersebut bahkan bisa menelusuri username dan password- password anda serta data rahasia lainnya.
Terkadang dalam email bank tipuan, Anda diminta mengisi survey atau mengklik link ke undian yang menarik. Terkadang mereka memakai nama undian tepat seperti undian yang memang diadakan resmi oleh bank.
Jika Anda menerima telepon atau email dari bank yang sebetulnya bukan bank Anda atau bukan penerbit kartu kredit Anda, kemungkinan besar Anda akan ditipu.
Tawaran pinjaman kredit dalam jumlah besar dengan bunga rendah dan proses pengurusan yang sangat mudah, juga cenderung berpotensi merupakan penipuan. Untuk mendapatkan pinjaman tersebut Anda diminta untuk membayar biaya administrasi, pajak dll. Berhati-hatilah terhadap tawaran yang terlalu muluk.
Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 325 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...