514 tayangan
diinformasikan dalam Pelecehan Seksual oleh (510 poin)
Tren selfie berbaju minim hingga bugil bagi remaja yang kemudian diposting di sosial media semakin mengkhawatirkan. Padahal tak jarang kasus kejahatan seksual dan kriminal bermula dari perkenalan di jejaring sosial.

Para pelaku kejahatan pada umumnya menjadikan gadis ABG yang berpenampilan seronok itu sebagai korbannya karena dinilai labil dan mudah diperdaya.

Namun, tak jarang foto seksi itu tidak dia ambil sendiri, melainkan atas bantuan dan permintaan pacarnya. Dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, foto bugil gadis remaja yang banyak beredar di forum-forum dewasa dan pesan di BBM justru disebar oleh mantan kekasih.

Motifnya beragam. Ada yang sakit hati, memeras, mempermalukan, atau maniak dan sebagainya.

Kondisi ini pun tak ayal menimbulkan pertanyaan yang cukup menggelitik bagi masyarakat awam: "Kenapa masih ada cewek yang mau difoto bugil cowoknya?"

Menjawab pertanyaan itu, Psikolog dari UGM, Arif Nurcahyo menjelaskan salah satu faktornya memang dari naluri. Dengan kata lain, manusia sejatinya ingin selalu mengekspresikan dirinya dan menjadi pusat perhatian.

"Sebenarnya peran media sangat besar, naluri manusia kan selalu ingin diekspos atau narsis lah, nah untuk mengekspresikan dirinya serta tampil adalah dengan mengunggah foto ke media sosial termasuk foto bugil," kata Arif.

Selain itu, imbuhnya, media sosial mengambil peran siginfikan sebagai wadah mengaktualisasi keinginan yang terpendam itu.

"Peran media juga sangat besar, media sosial dianggap media paling pas untuk mengekspresikan diri kemudian untuk tampil dan memuja dirinya," tambahnya.

Oleh karena itu, Arif menyarankan pengawasan dan kontrol ketat orangtua dalam hal ini menjadi penting. Sehingga jangan ada langkah reaktif tapi juga preventif alias pencegahan. Langkah yang bisa dilakukan, menurutnya adalah menanamkan budaya rasa malu untuk melakukan hal-hal buruk.

"Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pendampingan, ditanya, diajak untuk melihat fakta-fakta yang sudah ada, dibudayakan untuk malu melakukan hal yang tidak baik," pungkas Arif. Demikian dilansir dari Merdeka.
Bagikan laporan ini

hosting

1 Jawaban

answered oleh (880 poin)

Yang penting agama diperdalam,insyaallah jauh dari pergaulan bar-bar

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 283 tayangan
0 saran 223 tayangan
0 saran 3.4k tayangan
0 saran 142 tayangan
0 saran 647 tayangan
0 saran 453 tayangan
0 saran 302 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...