270 tayangan
diinformasikan dalam SHARING PENGALAMAN oleh User (3.6k poin)

Komnas HAM: Ujaran kebencian beda dengan pencemaran nama baik

surat edaran penanganan kebencian. ©2015 facebook.com/Bonardo Hutauruk

 

Komnas HAM mendukung langkah Kapolri JenderalBadrodin Haiti memenjarakan orang-orang yang menebarkan kebencian melalui media sosial. Berbeda dengan pernyataan anggota Komisi III DPR Desmond Mahesa, Komnas HAM justru melihat surat edaran dengan nomor SE/06/X/2015 yang diteken 8 Oktober 2015 ini sudah bisa dijadikan landasan hukum kuat menindak pelaku penyebar kebencian.

"Surat edaran itu dibaca secara utuh, dimensi baiknya ada. Karena dia menyebutkan sandaran hukum, Undang-Undang HAM, Undang-Undang 40 tentang diskriminasi, penghapusan etnis dan ras," kata Komisioner Komnas HAM Muhammad Nurkhoiron di kantor Komnas HAM, Senin (11/4).

Meski mendukung, Komnas HAM melihat ada kesalahan dari Surat Edaran dengan Nomor SE/06/X/2015 itu. Polisi keliru memasukkan Pasal 310 dan 311 tentang pencemaran nama baik.

"Sikap Komnas HAM minta pasal ini dihapus saja. Surat edaran silakan dilakukan, tapi pasal khusus pencemaran nama baik ini dihapus saja," ujarnya.

Pencemaran nama baik berbeda dengan ujaran kebencian atau hate speech. Pencemaran nama baik pasal karet, bisa dikenakan pada semua. Sedangkan hate speech merupakan niatan untuk menyampaikan kebencian didasarkan pada ras, etnis, atau golongan tertentu. Salah satunya kebencian pada ideologi tertentu.

"Contoh, Sunni menyampaikan kebencian pada syiah. Itu hate speech. Karena diniatkan ideologi kita, kita benci pada orang Syiah," ujarnya.

Sumber : http://www.merdeka.com/peristiwa/komnas-ham-ujaran-kebencian-beda-dengan-pencemaran-nama-baik.html

Bagikan laporan ini

hosting

1 Jawaban

answered oleh (880 poin)
Ambil hikamh positifnya

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 63 tayangan
diinformasikan 23 Mei 2018 dalam Pencemaran Nama Baik oleh Akaishi (120 poin)
0 saran 2.8k tayangan
0 saran 2.9k tayangan
0 saran 33 tayangan
0 saran 35 tayangan
diinformasikan 3 Nov 2018 dalam Pencemaran Nama Baik oleh Lia Wahyu H (120 poin)
0 saran 44 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...